Jumat, 08 Januari 2010

Alat Komunikasi

“Haaa internet!…” kata kata yang muncul di sebuah iklan garapan telkom di beberapa stasiun televisi itu harusnya cukup menggugah kita. Pemanfaatan internet juga sebaikanya jangan sebatas pengguna saja. Ada baiknya kita memulai juga untuk berubah dari pengguna menjadi pembuat atau penyedia sebuah layanan berbasis internet tersebut.

Manfaat internet sebagai sarana komunikasi masa depan tampaknya masih di pandang sebelah mata oleh berberapa orang. Hal ini terbukti dari sedikitnya jumlah peserta dalam lomba web yang sering di selengarakan di indonesia. Padahal teknologi berbasis web ini akan menjadi sebuah trend dan mode untuk masa mendatang. Bagimana tidak! Teknologi web berkembang cukup cepat, teknologi web juga merupakan teknologi yang bisa dibilang sangat fleksible.

Teknologi web dapat di padukan dengan berbagai jenis bidang yanga ada seperti dalam bisnis (Iklan on line, atau pemasaran), pendidikan, dan hiburan. Di tambah lagi ketersediaan provider yang sudah merambah hampir kesemua daerah dan belahan dunia membuat teknologi ini seakan sudah tidak memiliki batas lagi.

Sosialasi internet juga sebenarnya sudah merambah kebanyak bidang. Dimulai dari berbagai pelatihan yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun suwasta, namun hal tersebut nampaknya belum cukup untuk membuat masyarakat mengerti akan sebuah peluang yang dapat dibuat dari perkembangan teknologi ini.

Sebenarnya keberadaa internet mendatangkan banyak kemudahan bagi kita diantaranya

Konektivitas dan jangkauan global yang hampir tampa batas

dengan internet kita dapat mengakses dan diakses tampa terbatas oleh sebuag birokrasi atau batas negara.

Faktor Mobilitas

Internet sekarangd apat di akses melalui berberapa gadget tidak ada lagi aturan bahwa internet harus di akses melalui sebuah PC. Jaman sekarang Hand Pone juga dapat mengakses internet di manapun tergantung dari kemampuan provider dan fasilitas dari gadget itu sendiri tentunya.

Modal

Modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Banyak layanan gratis yang sekarang tersedia mulai dari e-mail hingga web host

*

No sleep

Internet tidak pernah terlelap selama kita terkoneksi dengan jaringan internet maka semua data akan terus mengalir tampa mengenal lelah.

Internet telah membawa banyak kemajuan bagi dunia. Sebagai bukti kongkrit adalah tugas yang di berikan oleh sekolah. Tugas yang dikerjakan oleh siswa yang melek internet umunya lebih upto date dari buku diktat yang dibacanya di sekolah, Berberapa keputusan juga di ambil dengan cepat karena perubahan yang terjadi di dunia dapat dengan cepat di akses dan sampai pada si pengambil keputusan sercara real time.

Sebenarnya ada banyak lagi manfaat internet yang dapat kita ambil da kita manfaatkan bahakan tidak menutup kemungkinan dapat membuat peluang bisnis baru bagi orang yang menguasainya.

Namun penggunaan internet bukan berarti tampa resiko akses yang hampir takterbatas ini juga sering di manfaatkan oleh oknum oknum tak bertanggung jawab. Internet dapat di gunakan untuk kejahatan juga. Mulai dari melecehkan nama baik seseorang, mencuri, atau melakukan pengrusakan terhadap jaringan lain. Minimnya sensor sering berimbas pada rusaknya moral dan mental generasi muda.

“Lantas! Bagaimana Kita Mencegahnya”

Untuk mencegah penyalahgunaan internet kita harus terlebih dulu tau apa internet itu. Jangan pernah berhenti untuk belajar dan jangan takut untuk memulai sesuatu. Mulailah semua dari yang kecil dari satu hal yang kita bisa dan mulailah semua perubahan itu dari sana.

Sejarah Singkat dari wikipedia.org:

Rangkaian pusat yang membentuk Internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET, yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal hari ini.

Pada sekitar 1990-an, Internet telah berkembang dan menyambungkan kebanyakan pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.

Pada awal perkembanganya internet di kembangkan untuk kepentingan militer tapi sekarang internet digunakan lebih untuk komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar